SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Sophia dalam bahasa Yunani yang berarti "Hikmat".  Hikmat, dari kata hokmah, berarti cara seseorang menyelesaikan masalah dengan benar, baik, dan tepat atau memiliki pandangan yang benar dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Hikmat merupakan bagian paling penting dalam aktualisasi hidup tokoh Alkitab yang berhasil seperti yang diperoleh Raja Salomo dari Tuhan. Karena hikmat adalah roh, hal-hal yang sangat rohani tidak bisa dicari dan dibeli, hikmat hanya bisa minta daripada Tuhan (Ayub 28: 12-28). Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat , hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya (Yak 1:5).

Hikmat berkonstribusi besar dalam dunia Pendidikan, dimana pendidikan dipandang sebagai upaya terencana dalam mewujudkan suatu hasil pembelajaran dengan memanfaatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap melalui suatu lembaga khususnya pada Pendidikan Kristen.  Mendidik para  peserta didik memiliki sikap hati yang tunduk, mendengar kepada firman Tuhan agar pencapaian hidupnya berkualitas oleh hikmat melalui Pendidikan Kristiani.

SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen adalah jurnal Open Access dengan menggunakan sistem Double-Blind Review.  Adapun Ruang Lingkup SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen yaitu:

1. Teologi Konstruktif
2. Agama dan Rekonsiliasi
3. Agama dan Studi Feminis
4. Ekoteologi
5. Pendidikan Kristen  

 

Vol. 6 No. 1 (2025): SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Isu-isu dalam terbitan Sophia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Volume 6 No. 1 (Juni 2025) berkenaan dengan Artificial Intelligence dan Metode Penelitian, Merakit Identitas Eklesiologi Perdamaian, Integrasi Logika Kritis dalam Pendidikan Agama Kristen, Peran Teologi Virtual Terhadap Pembangunan Jemaat Dalam Mewujudkan Berita Keselamatan di Gereja Pejabaran Injil Manado dan Strategi Belajar Siswa Berprestasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas XII di SMAN 2 Palangka Raya.

Published: 2025-06-01

Artificial Intelligence dan Metode Penelitian

Pemanfaatan ChatGPT Untuk Merancang Instrumen Penelitian Pendidikan Agama Kristen

Serdianus

1-22

Abstract Views: 142 times | Downloaded: 104 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.324

Merakit Identitas Eklesiologi Perdamaian

Integrasi Kearifan Lokal Paramak So Balunon dan Hospitalitas dalam Tradisi Gereja

Julius Stefanus Sibagariang

23-37

Abstract Views: 114 times | Downloaded: 116 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.318

Integrasi Logika Kritis dalam Pendidikan Agama Kristen

Membangun Iman yang Rasional di Era Digital

Rezeki Putra Gulo, Nikarni Zai, Semy Djulandy Balukh

38-55

Abstract Views: 219 times | Downloaded: 150 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.291

Peran Teologi Virtual Terhadap Pembangunan Jemaat Dalam Mewujudkan Berita Keselamatan di Gereja Pejabaran Injil Manado

Elsjani Adelin Langi

56-72

Abstract Views: 105 times | Downloaded: 81 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.268

Strategi Belajar Siswa Berprestasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas XII di SMAN 2 Palangka Raya

Silvia Rahmelia, Jeffry Supardi, Rania

73-83

Abstract Views: 77 times | Downloaded: 43 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.282
View All Issues