SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Sophia dalam bahasa Yunani yang berarti "Hikmat".  Hikmat, dari kata hokmah, berarti cara seseorang menyelesaikan masalah dengan benar, baik, dan tepat atau memiliki pandangan yang benar dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Hikmat merupakan bagian paling penting dalam aktualisasi hidup tokoh Alkitab yang berhasil seperti yang diperoleh Raja Salomo dari Tuhan. Karena hikmat adalah roh, hal-hal yang sangat rohani tidak bisa dicari dan dibeli, hikmat hanya bisa minta daripada Tuhan (Ayub 28: 12-28). Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya (Yak 1:5).

Sophia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen adalah jurnal Open Access yang diterbitkan oleh Institut Agama Kristen Negeri Toraja dengan P-ISSN: 2722-8851 dan E-ISSN:  2722-886X. Artikel yang sesuai dengan kriteria dan ketentuan akan ditinjau oleh reviewer yang memiliki kepakaran pada dibidangnya dengan menggunakan sistem Double-Blind Review. Adapun Focus dan Scope dalam SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen mulai Volume 4. No. 2 (Desember) 2023 sebagai berikut:

  1. Constructive Theology
  2. Religions and Peace Studies 
  3. Feminist Theology
  4. Echotheology
  5. Christian Education

SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen terbit dua kali dalam setahun yakni pada  Juni dan Desember, serta telah terakreditasi peringkat Sinta 4 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

 

Vol. 6 No. 1 (2025): SOPHIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Isu-isu dalam terbitan Sophia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Volume 6 No. 1 (Juni 2025) berkenaan dengan Artificial Intelligence dan Metode Penelitian, Merakit Identitas Eklesiologi Perdamaian, Integrasi Logika Kritis dalam Pendidikan Agama Kristen, Peran Teologi Virtual Terhadap Pembangunan Jemaat Dalam Mewujudkan Berita Keselamatan di Gereja Pejabaran Injil Manado dan Strategi Belajar Siswa Berprestasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas XII di SMAN 2 Palangka Raya.

Published: 2025-06-01

Artificial Intelligence dan Metode Penelitian

Pemanfaatan ChatGPT Untuk Merancang Instrumen Penelitian Pendidikan Agama Kristen

Serdianus

1-22

Abstract Views: 213 times | Downloaded: 186 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.324

Merakit Identitas Eklesiologi Perdamaian

Integrasi Kearifan Lokal Paramak So Balunon dan Hospitalitas dalam Tradisi Gereja

Julius Stefanus Sibagariang

23-37

Abstract Views: 174 times | Downloaded: 177 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.318

Integrasi Logika Kritis dalam Pendidikan Agama Kristen

Membangun Iman yang Rasional di Era Digital

Rezeki Putra Gulo, Nikarni Zai, Semy Djulandy Balukh

38-55

Abstract Views: 330 times | Downloaded: 240 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.291

Peran Teologi Virtual Terhadap Pembangunan Jemaat Dalam Mewujudkan Berita Keselamatan di Gereja Pejabaran Injil Manado

Elsjani Adelin Langi

56-72

Abstract Views: 151 times | Downloaded: 120 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.268

Strategi Belajar Siswa Berprestasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas XII di SMAN 2 Palangka Raya

Silvia Rahmelia, Jeffry Supardi, Rania

73-83

Abstract Views: 105 times | Downloaded: 78 times
DOI: https://doi.org/10.34307/sophia.v6i1.282
View All Issues